Sunday, October 31, 2010

Transformasi Laplace - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

            Transformasi Laplace adalah suatu teknik untuk menyederhanakan permasalahan dalam suatu sistem yang mengandung masukan dan keluaran, dengan melakukan transformasi dari suatu domain pengamatan ke domain pengamatan yang lain.
            Dalam matematika jenis transformasi ini merupakan suatu konsep yang penting sebagai bagian dari analisa fungsional, yang dapat membantu dalam melakukan analisa sistem invarian-waktu linier, seperti rangkaian elektronik, osilator harmonik, devais optik dan sistem-sistem mekanik. Dengan mengetahui deksripsi matematika atau fungsional sederhana dari masukan atau keluaran suatu sistem, transformasi Laplace dapat memberikan deskripsi funsional alternatif yang kadang dapat menyederhanakan proses analisa kelakukan dari sistem atau membuat suatu sistem baru yang berdasarkan suatu kumpulan spesifikasi."

Transformasi Laplace dari suatu fungsi f(t), yang terdefinisi untuk semua nilai t riil dengan t ≥ 0, adalah fungsi F(s), yang didefinisikan sebagai:
F(s)  = \mathcal{L} \left\{f(t)\right\}  =\int_{0^-}^\infty e^{-st} f(t)\,dt.
Limit bawah 0 adalah kependekan dari  \lim_{\epsilon \rightarrow +0} -\epsilon \ dan memastikan inklusi dari keseluruhan fungsi delta Dirac  \delta (t) \ pada 0 jika terdapat suatu impuls dalam f(t) pada 0.
Secara umum parameter s bernilai kompleks:
s = \sigma + i \omega \,
Siapa sih Pak Laplace itu?
ini dia orangnya
Pierre-Simon, Marquis de Laplace (23 Maret 1749 - 5 Maret 1827) adalah seorang ahli matematika dan astronom Perancis yang mengemukakan teori bahwa bumi jutaan tahun yang lalu terpisah dari matahari dan secara bertahap kulit luarnya mengering dan mengeras. Pada tahun 1773, di depan Akademi Perancis, dia membuktikan bahwa gerakan planet-planet adalah stabil. Penemuan Laplace lainnya adalah di bidang integral kalkulus, diferensial terbatas, persamaan diferensial, dan astronomi. Ia menemukanMekanika selestial, Ekuasi Laplace, Operator Laplace dan Transformasi Laplace

Bagi yang secara tidak langsung penasaran maupun membenci pak laplace (karena menemukan rumus yang bikin mahasiswa pusing :p), demikianlah info singkat yang bisa kita ketahui.

Sumber:wikipedia

Salam penulis.
lasbor

0 comments:

Post a Comment

Jangan lupa komen ya,, :D

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More